Ketika Ungu Mau Konser di Masjid

Spread the love

Band Ungu dan Para Pencari Tuhan tidak bisa dipisahkan. Tapi Band Ungu dengan organisasi yang membawa-bawa ‘nama Tuhan’, ternyata tidak bisa disatukan (sementara).

Oh ya, Para Pencari Tuhan itu judul sinetron polesan aktor kawakan Deddy Mizwar. Tau ya? Sementara, Band Ungu, punya lagu yang jadi musik latar sinetron religi yang tayang pertama pada 2007 itu. Judulnya Para Pencari Mu.

Masalahnya begini. 13 September 2008, Ungu dijadwalkan konser di Pekanbaru, Riau. MUI Riau dan Pekanbaru menentang rencana itu. 14 ormas Islam, termasuk HTI, di sana juga satu sikap. Tolak!

Kenapa begitu? Karena mereka mau konser di halaman Masjid Agung An-Nur. Sudah begitu, di bulan Ramadhan lagi.

MUI dan ormas Islam menilai konser itu bakal mengotori kesucian tempat ibadah karena mengundang perbuatan dosa. Seperti, jadi ajang pacaran anak muda. Salah satunya itu.

Sebelum hari H, media sudah ramai mengutip berbagai penolakan ormas Islam, tetapi panitia rupanya maju terus.

Ujungnya sudah bisa ditebak. Pukul 21.30, setengah jam sebelum konser digeber, massa dari dalam masjid mendatangi area panggung. Mereka membawa poster bertuliskan, ‘I love U Pasha Ungu’. Ya enggak lah! Mereka satu misi. Membubarkan acara.

Panitia ga punya pilihan. Konser batal. Siaran live Indosiar gagal. Akibatnya, panitia mengaku rugi Rp3 miliar.

Panitia cuma gigit jari. Padahal menurut mereka konser itu juga masih bertema Islami. Ungu bakal bawain lagu-lagu religi secara akustik. Mungkin salah satunya lagu Para Pencari Mu itu.

Beginilah kalau sama-Sama membawa-bawa Tuhan, tetapi beda jurusan…hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *