Article

Siapa yang Meraung di Kandang Maung?

Oleh: Komski
—————-

Partai klasik antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung akan tersaji Minggu, 23 September 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Seperti biasanya, sebelum laga tersaji, media sosial lebih dulu riuh.

Pendukung kedua belah tim, The Jakmania dan bobotoh/Viking meramaikan jagad dunia maya. Mulai dari satir, hingga kecimus khas media sosial.

Namun tak sedikit yang mengunggah video yang berpesan sejuk. Salah satunya vokalis band D’Masiv, Rian Ekky Pradipta. Anggota The Jakmania ini menggandeng Dirga Alif Pratama, seorang Youtuber dengan menggunakan kaus Persib Bandung.

“Persija Jakarta, salah satu tim besar di Indonesia, dengan segudang prestasi,” kata Rian, dalam video tersebut.

Sementara itu, Dirga menyebut Persib Bandung adalah tim terbesar di Indonesia dengan segudang prestasi membanggakan.“Ngomongin klub di Indonesia belum lengkap tanpa Persib Bandung, tim dengan segudang prestasi membanggakan,” sebut Dirga.

Keduanya tampak akrab dalam video tersebut. Kemudian keduanya juga menyampaikan bahwa rivalitas hanya di 90 menit. Selebihnya kedua penyokong Persija dan Persib adalah saudara.

Drama Sebelum Laga

Polisi awalnya tak memberikan izin pertandingan pada 23 September 2018. Alasannya karena faktor keamanan. Sebab, jadwal pertandingan Persib vs Persija bersamaan dengan agenda kampanye damai pemilihan angota legislatif [pileg] dan pemilihan presiden [pilpres] 2019.

Polisi berharap Pertandingan sarat gengsi itu diundur 25 September 2018. Lobi-lobi pun dilancarkan kubu Maung Bandung. Pertemuan pun digelar. Akhirnya kesepakatan pun ditemukan antara pihak kepolisian, manajemen, dan Bobotoh Persib Bandung.Pertandingan panas batal diundur, tapi dimajukan.

“Pertandingan antara Persib melawan Persija dilaksanakan pada tanggal 23 September pukul 15.30 WIB,” kata Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Bandung Kombes Polisi Irman Sugema di Markas Polrestabes Bandung, Jawa Barat, Rabu 19 September 2018. Bobotoh/Viking diharapkan dapat menjaga kondusivitas suasana. Sehingga laga panas dapat berjalan lancar.

Rekor pertemuan

Jika mengintip hasil bentrok Persib vs Persija. Maka Macan Kemayoran lebih superior. Sejak 1995, kedua tim sudah 39 kami bertemu. Persija unggul dalam rekor pertemuan dengan menang 17 kali. Sedangkan Persib enamm kali menang. Pada pertemuan terakhir 30 Juni 2018. Persija juga berhasil mengalahkan Persib 1-0. Tetapi harus diingat Persib kini adalah raja di klasemen. Hingga pekan ke-23, Persib Bandung berada di puncak dengan poin 41. Sementara Persija berada di posisi empat dengan poin 36.

Sepakbola tentu bukan matematika. Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Jadi kita tunggu saja siapa mampu mengaum, macan Kemayoran atau maung Bandung.

Be Sociable, Share!
126 views

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail