Article

Ruko yang Setia Bersaksi tentang Kerusuhan Mei

RIBUAN gedung dan pertokoan di Jakarta dan sekitarnya menjadi sasaran pengerusakan dan pembakaran pada kerusuhan Mei 1998. Kini pemandangan gedung dan toko rusak maupun hangus akibat kerusuhan itu tak lagi dijumpai. Kecuali sangat sedikit.

Di Jl Ir H Juanda Ciputat, Tangerang Selatan Banten jejak kerusuhan 20 tahun lalu itu masih bisa dilihat. Salah satu ruko bekas show room jual beli mobil masih nampak berdiri dengan keadaan rusak parah.

“Sejak kerusuhan dulu, ditinggal begitu sama yang punya,” kata seorang perempuan yang saya temui di samping ruko itu pertengahan Juli 2018. Kebetulan ia membuka warung kecil di situ.

Pada bangunan tiga lantai itu Anda akan melihat kaca-kaca rusak di lantai dua dan tiga. Pelintas di jalan layang Ciputat dapat melihat suasana di dalam bangunan itu dengan jelas. Tak ada barang kecuali kayu, batu meja rusak dan potongan kaca. Di lantai satu, bagian depan ruko itu tertutup rapat pintu besi (folding gate) hijau dan kusam. Tidak pernah ada lagi aktivitas di dalam ruko.

Bagian depan ruko dipergunakan tukang tambal ban mangkal. Di sudut kiri, berdiri pohon yang sudah meranggas. Kering. Hitam tak berdaun.  Di Ciputat, show room ini satu dari dua bangunan ruko yang belum dipugar pascakerusuhan 20 tahun lalu itu. Setidaknya bangunan itu yang paling terlihat karena letaknya persis di pinggir jalan.

Satu ruko lagi yang masih dalam keadaan rusak ada persis di seberang ruko itu. Lokasinya tepat juga di bawah jembatan layang Ciputat. “Itu juga bekas kerusuhan,” ibu tadi menjelaskan.  Ia menunjuk ke arah seberang jalan.”Itu dulu toko keramik.” Ruko itu berlantai dua. Tak ada kaca tersisa. Ruko tak lagi beratap. Lahan di depan bangunan dimanfaatkan sebagai kios agen sembako.

Ruko yang juga masih bersaksi tentang kerusuhan Mei 98.

Kerusuhan Mei 1998 sedikitnya menelan ratusan korban tewas. Data Polda Metro Jaya mengungkap 451 jiwa tewas, Pemda DKI merilis angka 288, sedangkan Kodam Jaya menyebut korban tewas berjumlah 643 jiwa. Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) menyebut angka 1190 jiwa.

Banyak yang tewas karena terpanggang. Mereka terjebak api di dalam gedung yang dibakar.  Ciputat pun merupakan salah satu titik kerusuhan dan penjarahan. “Ada yang masih hilang. Orang (Kecamatan) Sawah Baru sampai sekarang katanya belum pulang,” ujarnya.

Be Sociable, Share!
98 views

One comment

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail